Trending

Terlambat, Siswa MAN 1 Wajib Baca Al Qur'an 1 Juz

MC-SINJAI, Ada yang menarik sekaligus dapat dijadikan contoh oleh madrasah lain khususnya yang ada pada lingkup Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, dimana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sinjai menerapkan hukuman atau sanksi kepada siswa yang terlambat  diwajibkan membaca Al Qur’an .

Seperti pada Rabu (13/2/19) pagi nampak beberapa siswa yang terlambat dijegat oleh  guru piket untuk selanjutnya diproses dan memberi sanksi membaca Al Qur'an .

Penerapan sanksi tersebut menurut Kepala MAN 1, H. Syamsuddin, S.Ag, mulai efektif diterapkan sejak semester lalu yang sebelumnya bentuk hukuman kepada siswa yang terlambat  diberi sanksi push up atau jalan bebek oleh guru BK didampingi guru piket yang bertugas.

Namun menurut Syamsuddin, berdasarkan pengamatannya sebagai tenaga pendidik dan kependidikan di madrasah ini,  sanksi semacam itu sudah tidak efektif lagi diterapkan dimadrasah yang notabene dikenal adalah sekolah agama.

Olehnya itu, pihaknya mulai mencari formulasi baru, bagaimana cara agar siswa terlambat diberi hukuman yang tidak lagi bersifat fisik namun ada nilai atau manfaat diantaranya bermanfaat bagi siswa untuk memperlancar bacaan Al Qur’an.

"Ini sebagai sanksi bagi mereka yang terlambat dan sankdinya ini selain bermanfaat bagi mereka juga mendapatkan pahala, kita wajibkan kepada siswa yang terlambat untuk membaca Alqur’an 1 juz, kata H. Syamsuddin.

Sementara itu, ditempat terpisah salah seorang guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 1, Musawwir, S.Pd  menyebutkan hukuman atau sanksi sebelumnya  yaitu push up atau semacamnya hanya dipandang remeh oleh sebagian siswa sehingga dewan guru mencari formula baru untuk diterapkan kepada siswa yang terlambat diminta untuk tilawah 1 juz per siswa.

Dengan tadarus kata Musawwir, timbul rasa penghormatan siswa kepada Alqur’an, karena membaca Alqur’an tidak bisa dianggap main-main. Hal ini tentunya memiliki manfaat bagi para siswa, untuk memperlancar bacaan Alqur’an, disamping untuk mendukung program  sebagai madrasah ramah anak.

“Dengan cara ini kita dapat mengetahui siapa saja siswa yang belum lancar mengaji, itu semua yang menjadi evaluasi kami, untuk mencoba membuat program tadarus Alqur’an semakin digalakkan," jelasnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates