Trending

Bupati Sinjai Buka Acara Kampung Siaga Bencana

MC-SINJAI, Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Sulawesi Selatan berkumpul di kabupaten Sinjai. Tepatnya di desa Sanjai, kecamatan Sinjai Timur, Ahad (22/11/2015) pagi. Mereka menghadiri pembukaan kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB), yang merupakan program dari Dinas Sosial provinsi Sulsel.

 Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya, hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan ini. Selain itu turut menyerahkan secara simbolis, tali asih kepada 818 Tagana se-Sulsel, dan bantuan lainnya senilai ratusan juta rupiah.Acara Kampung Siaga Bencana(KSB) tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.H.A.Patriot Haruni,M.Si serta Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.H.Sabaruddin,MM, Kapolres Sinjai, Dandim 1424 Sinjai, Ketua Pengadilan Negeri Sinjai serta Kepala SKPD.

 Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya program Kampung Siaga Bencana yang merupakan program strategis pemerintah sebagai wadah dalam penanggulangan bencana berbasis masyarakat, kita harus mendorong dan menempatkan masyarakat menjadi pihak yang pertama dan utama dalam penanggulangan bencana.

 Sementara itu, Ketua Panitia, Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.H.Sabaruddin,MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk mempercepat proses siaga bencana nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana.

 “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempercepat proses pemahaman untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan resiko bencana, mempercepat pembentukan jejaring siaga bencana berbasis masyarakat, mengorganisir potensi masyarakat terlatih siaga bencana, membentuk unit khusus siaga bencana berbasis masyarakat di setiap kecamatan sebagai gugus tugas”,jelasnya.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates