Trending

Rencana Penataan TPI Lappa, Semua Stakeholder Harus Dilibatkan

MC-SINJAI, Pemerintah Kabupaten Sinjai akan menata ulang Kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa  Kecamatan Sinjai Utara. Pasalnya saat ini  kondisinya semrawut sehingga para pengunjung yang datang ditempat ini merasa tidak nyaman.

Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan dan Penelitian (Bappeda) Kabupaten Sinjai Hj. Ratnawati Arief mengatakan bahwa, saat ini pemerintah mengkaji dan merencanakan sistem penataan kawasan TPI Lappa yang berada di Kecamatan Sinjai Utara sehingga bisa menjadikan sebagai leading sektor dibidang perekonomian maupun pariwisata.

"Penataan ulang kawasan TPI Lappa ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi dan posisi TPI sebagai tempat bongkar muat ikan yang nyaman dan aman," jelasnya.

Dalam tahap awal ini, pihaknya bersama beberapa pihak terkait telah menyusun dan membentuk tim untuk mengidentifikasi permasalahan yang selama ini dirasakan oleh para nelayan yang ada disana.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere ketika memimpin  Focus Group Discussion (FGD) terkait Penataan Kawasan TPI Lappa di Ruang Kerja Kepala Bappeda Sinjai, jumat lalu mengatakan bahwa,  banyak aspek yang harus dibenahi, mulai aspek sosial, aspek keamanan, aspek teknis dan berbagai persoalan yang ada disana.

"Untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di TPI Lappa yang sangat kompleks, harus melibatkan semua stakeholder termasuk pelaku usaha didalamnya,"katanya.

Untuk itu, Taiyeb berharap dalam pengembangan kawasan TPI Lappa harus dilakukan secara terpadu dan menyeluruh sehingga tercipta sinergitas dalam pengembangan Kawasan TPI Lappa. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates