Trending

"Mappogau Sihanua" Wujud Jatidiri Masyarakat Sinjai

MC-SINJAI, Ratusan warga dari berbagai tempat, Senin (2/11) menghadiri pesta adat Mappugau Sihanua di kampung adat Karampuang di desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo. 

Upacara Adat Mappogau Sihanua (Pesta Kampung) merupakan upacara adat terbesar yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat pendukung kebudayaan Karampuang di Kabupaten Sinjai.

Upacaranya yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh Bupati Sinjai, Wakil Bupati Sinjai, Ketua DPRD, unsur Muspida, Para pejabat lingkup Pemkab Sinjai serta ratusan masyarakat yang dipusatkan dalam kawasan adat. 

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam sambutannya mengatakan bahwa, pesta adat ini tidak hanya merupakan wujud dari sebuah aktivitas budaya bernilai positif, tetapi lebih dari itu, memiliki manfaat yang  besar dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya daerah di Sinjai.

"Nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya perlu kita pelihara, kita kembangkan dan kita manfaatkan, sebab keberhasilan pelestarian budaya tergantung sejauh mana kita  memahami dan mengapresiasi nilai-nilai yang terkandung didalamnya sebagai salah satu identitas budaya dan jatidiri masyarakat Sinjai," katanya.

Sementara itu,Budayawan Sinjai, Muhannis mengatakan, Dalam tatanan kehidupan masyarakat Karampuang, terdapat empat orang pemangku adat dengan istilah Ade Eppa'e atau adat empat. Terdiri atas Arung, Gella, Sanro dan Guru. Dalam pengambilan keputusan mereka selalu mengadakan musyawarah yang tergambar dalam pesan “Eppa Alliri Pattepona Wanuae” atau empat tiang penyangga negeri.

Mappogau Sihanua ini merupakan sebagai salah satu event budaya di Tingkat Provinsi SulSel ini yang tetap terjaga dan lestari sehingga event budaya ini dapat dikenal lebih luas bahkan hingga ke mancanegara. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates