Trending

Ratusan Perangkat Desa Diajari Buat APBDes

MC-SINJAI, Setiap aparatur desa harus mengetahui bagaimana formulasi dan pengalokasian dana desa. Pasalnya, anggaran tersebut bukan hanya bersumber dari APDB tetapi juga bersumber dari APBN. 

Hal itulah menjadi alasan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappeda) Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar menggelar fasilitasi pedoman penyusunan perencanaan desa terhadap 67 kepala desa beserta aparaturnya di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, pekan lalu.

Kepala Bappeda Sinjai, Hj. ratnawati Arif mengatakan bahwa, banyaknya anggaran yang digelontorkan ke desa sehingga pihaknya memfasilitasi perencanaan pembuatan dokumen yang berkaitan dengan Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa dan Rencana Kerja Pembangunan Desa.

Kegiatan ini, mereka diharapkan mahir dalam menyusun rencana kegiatan dan anggaaran di desanya masing-masing. “Untuk itu kami berharap dengan diadakannya pelatihan ini, para aparat desa nantinya bisa atau mampu menyusun RPJMDes, Karena setiap program yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan RPJMDes,” katanya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan, Muh. Rusmin yang mengikuti kegiatan ini mengatakan bahwa, langkah yang dilakukan oleh Pemkab sangat tepat dalam rangka meningkatkan SDM aparatur desa.

"Kedepan setelah kucuran dana desa ini, semua prosedur, dan orang-orang yang berkepentingan dalam mengelolah anggaran desa memiliki kapasitas untuk menjalankan program," ucapnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates