Trending

SMPN 15 Sinjai Jadi Percontohan Sekolah Siaga Kependudukan

MC-SINJAI, S
ekolah di Kabupaten Sinjai  mulai menerapkan Sekolah Siaga Kependudukan. Hal ini ditandai dengan kegiatan launching dan sosialisasi sekolah siaga kependudukan (SSK) di SMP Negeri 15 Sinjai,  Senin (19/10/20).

Dijadikannya SMPN 15 Sinjai sebagai SSK ini sebagai salah satu bentuk kerjasama untuk mendukung dan mensukseskan program pembangunan yang berwawasan kependudukan dengan tujuan terwujudnya peningkatan kompetensi dan kapasitas wawasan kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan keluarga bagi pendidik, peserta didik dan tenaga pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefriyanto Asapa menyampaikan bahwa srkolahsiaga kependudukan ini sangat perlu dilakukan guna menyikapi berbagai dampak kependudukan.

"Dengan mengintegrasikan materi ke dalam kurikulum pendidikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan, di antaranya, pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif, serta dinamika penduduk," jelasnya. 

Jefriyanto menilai pencanangan sebagai upaya membentuk generasi berencana agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kadis Pemberdayaan Perempuan,  Perlindungan Anak,  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabuapten Sinjai Haerani Dahlan menjelaskan sekolah siaga kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependidikan dan Keluarga Berencana ke dalam beberapa mata pelajaran. Di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai sumber belajar dan pengayaan materi bagi peserta didik.

"Kita berharap sekolah siaga kependudukan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pertimbangan kependudukan dalam kehidupan berkeluarga," ujarnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates