Trending

Pemkab Sinjai Patut Dicontoh Soal Pendampingan UKM


MC-SINJAI, Sadar atas potensi laut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengambil inisiatif yang patut dicontoh. Kini daerah tersebut, benar-benar turun tangan untuk memaksimalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya sektor perikanan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan membina langsung warga yang mengembangkan industri ini.

Tidak hanya melakukan penyuluhan, tetapi sampai dengan penyediaan bantuan mesin pengolah ikan sampai dengan penyiapan label kemasan. UKM sektor hasil laut ini utamanya yang UKM pengelolahan ikan di sekitar Kelurahan Lappa, Sinjai Utara mendampatkan pedampingan untuk memaksimalkan potensi ikan.

Kelompok pemasaran dan pengolahan ikan, Tenggiri Ceria misalnya. Usaha yang dikelola Risda, warga Lengkongnge, Kelurahan Lappa ini aktif mendapatkan pendampingan langsung dari Disperindag. Risda termasuk yang mendapatkan bantuan peralatan untuk peningkatan kapasitas produksi.

“Selain mesin pengolah ikan, Disperindag juga membantu kami dalam hal pembuatan label kemasan. Selain itu kelompok kami juga  mendapatkan pembinaan dari Dinas Perikanan serta Dinas Koperasi dan UKM Sinjai,” Ungkap, Risda.

Usaha yang berdiri sejak dua tahun lalu ini sudah mempunyai 10 orang tenaga kerja, dengan omzet penjualan mencapai Rp1 Juta perbulan. “Awalnya ini hanya usaha rumah tangga, namun dengan pendampingan dari pemerintah daerah, kami akhirnya mampu mengembangkan usaha ini” jelasnya.

Selain bakso ikan, Risda saat ini sudah mampu memproduksi abon ikan, otak-otak, serta nugget. Seluruh produk berlabel ceria ini berbahan dasar ikan tenggiri. (AaNd)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates