Trending

Sinjai Targetkan Produksi Gabah 142 Ribu Ton

MC-SINJAI, Pemerintah Kabupaten Sinjai, menargetkan peningkatan produksi gabah kering giling mencapai 142 ribu ton pada 2015, sebagai upaya mendukung terwujudnya program Swasembada Pangan Nasional tahun 2017.

Kepala Dinas Pertanian dan TPH Sinjai, Ir Jamil, mengungkapkan selama ini hasil panen para petani mampu mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah ini, bahkan selalu mengalami surplus.target ini direncanakan akan dihasilkan dari luas lahan pertanaman  sekitar 15 ribu hektare.

Agar target produksi ini tercapai, pemerintah melalui program upsus Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) telah memberikan bantuan kepada sejumlah petani, baik dalam bentuk alsintan maupun dalam bentuk bansos.

Selain menargetkan produksi gabah kering giling 142 ribu ton, Pemerintah Kabupaten Sinjai juga menargetkan produktivitas kedelai sekisar dua ton per hektare serta produksi jagung berkisar empat ton per hektare dalam satu kali musim tanam.

Jamil mengatakan, masih ada beberapa kendala untuk mewujudkan swasembada beras, di antaranya ketersediaan pengairan yang belum memadai karena sistem pengairan masih tadah hujan, serta banyaknya hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi para petani.

Namun dengan adanya Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab dan Anggota TNI, ia optimis target ini akan terealisasi.

Di Provinsi Sulsel sendiri telah menargetkan produksi gabah kering giling hingga sebesar 6,4 juta ton di tahun ini. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates