Trending

Ratusan Tenaga Pendidik Ikuti Sosialisasi UKG

MC-SINJAI, Ratusan tenaga pendidik di Kabupaten Sinjai mengikuti Sosialisasi Uji Kompetensi Guru (UKG) tingkat Kabupaten Sinjai yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sinjai,  Selasa (29/9) di Gedung Wisma Hawai Sinjai.

Kepala Disdikpora Sinjai, Dra.Hj. Mas Ati yang membuka sosialisasi ini dalam sambutannya mengatakan bahwa, UKG perlu dilakukan mengingat peserta didik mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sehingga untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan guru yang berkualitas. 

"Untuk meningkatkan kualitas guru, UKG diperlukan untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai standar yang telah ditetapkan", katanya.

Tujuan dari Uji Kompetensi Guru kata Mas Ati adalah untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru , sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru, sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol hasil pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPPTK KPTK) Kemendikbud, Propinsi Sulawesi Selatan, DR. Rusdi   yang bertindak selaku narasumber tunggal mengatakan bahwa, UKG sangat penting diikuti setiap guru, sebab manfaatnya sangat jelas  dalam mencapai target tugas dan fungsi seorang guru tersebut saat mengukuti proses pembelajaran.

"Seorang guru yang profesional  harus menganalisa kendala murid dalam memahami suatu pelajaran. Seorang guru harus bersifat membimbing, mengarahkan, melatih,menilai dan mengevaluasi peserta didiknya secara berkelanjutan," urainya sngkat.

Sosialisasi ini diikuti Para Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah  yang bersertifikasi mulai dari tingkat TK hingga SMA yang  ada di Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates