Trending

Pekan Depan, Pemdes Barambang Adakan Musdesus

MC-SINJAI, Agar pendistribusian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tepat sasaran, Pemerintah Desa Barambang Kecamatan Sinjai Borong akan menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) untuk menetapkan masyarakat calon penerima. 

Musyawarah ini rencananya akan dilaksanakan pada Hari Senin (11/5/20) pekan depan. Hal tsraebur disanpaikan oleh Kepala Desa Barambang,  Bohari saat ditemui di aula Kantor Desa Barambang usai penyerahan paket sembako dari Pemkab Sinjai kepada warga yang berdampak covid-19, Sabtu (9/5/20).

Menurutnya,  calon penerima BLT DD sebelumnya diperoleh dari hasil pendataan para Relawan Penanganan Covid- 19 Desa Barambang melalui LPM yang dibantu oleh RT dan RW.

"Terimakasih banyak kepada para petugas yang melakukan pendataan dilapangan, meski tantangannya berat dan mungkin mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat", jelasnya.

Dari hasil pendataan dilapangan telah terjaring calon penerima BLT DD sebanyak 213 Kepala Keluarga. Mereka ini warga miskin yang belum pernah menerima bantuan baik program PKH,  Bantuan Pangan Non Tunai, kartu pra Kerja maupun bansos lainnya. 

"Berdasarkan pendataan dilapangan ada 213 KK yang kita masukkan sebagai calon penerima BLT DD.  Data ini belum final karena akan diverifikasi dan ditetapkan pada Musyawarah Desa yang Insya Allah kita akan laksanakan Senin pekan depan, " tandasnya. 

Setelah dilaksanakan Musyawarah Desa,  selanjutnya nama calon penerima BLT akan dikirim ke Pemerintah Kabupaten untuk selanjutnya mendapat pengesahan dari Bupati Sinjai. 

Penerima bantuan nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga selama tiga bulan berturut-turut 

Untuk penganggaran, desa mengacu pada Surat Edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah melakukan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Peraturan tersebut berubah menjadi Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates