Trending

Undang Pengurus Masjid, Pemkab Bahas Imbauan MUI Sinjai

MC-SINJAI, Pemerintah Kabupaten Sinjai mengundang seluruh pengurus masjid  yang ada di Kecamatan Sinjai Utara untuk bermusyarwah membahas tentang belum efektifnya imbauan Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)  kabupaten Sinjai. 

Pertemuan yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar mengemuka berbagai pandangan tentang boleh tidaknya ibadah dilakukan dengan berjamaah di masjid, Kegiatan ini digelar di Media Center Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Selasa malam (12/5/20).

Pasalnya, meskipun sudah ada surat edaran Bupati Sinjai nomor 16 tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran covid-19 dan Surat edaran MUI nomor 02/MUI-SJ/IV/2020 perihal himbauan kepada Umat Islam terkait kegiatan keagamaan di Kabupaten Sinjai, masih ada beberapa Masjid yang tetap melaksanakan shalat Jumat dan berjamaah di Masjid. 

"Pertemuan yang digelar ini dalam rangka mempertegas kembali apa yang menjadi Surat edaran Bupati dan imbauan MUI agar betul-betul dipatuhi, admua ini demi memhtus mata rantai oenyebaran Covid-19" katanya. 

Karena, kata Akbar , apa yang menjadi kesepakatan tersebut merupakan formula yang tepat dari ulama dan umara '(pemerintah) dalam menanggapi kondisi yang terjadi saat ini demi keselamatan semua.

Setelah melewati perdebatan yang cukup alot dan semua pihak mengutarakan pandangannya masing-masing,  akhirnya disimpulkan satu suara untuk menaati apa yang menjadi keputusan pemkab, Kemenag dan MUI kabupaten Sinjai.

"Setelah mendegar bsrbagai pandangan akhirnya kita simpulkan untuk menyepakati bersama bahwa shalat berjamaah,  shalat jumat maupun shalat tarawih tidak dilakukan di masjid secara berjamaah, namun dilakukan di rumah masing-masing. 

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai Lukman H. Arsal,  Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat,  Kepala Kantor Kemenag Sinjai Drs. H. Abd Hafid,  Pengurus MUI,  Ketua DMI Sinjai Drs. Adnan,  Camat Sinjai Utara Hj. A. Hariyani Rasyid, para Lurah dan Pengurus Masjid Se-Kecamatan Sinjai Utara dan koordinator penyuluh agama.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates