Trending

Panwaslu Sinjai Awasi Langsung Pelaksanaan Coklit

Panwaslu Sinjai mengawal dan mengawasi pelaksanaan Coklit serentak
MC-SINJAI, Sebagai bentuk pelaksanaan tugas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Sinjai mengawasi tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih tetap oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari KPU Sinjai, yang digelar simultan serentak mulai, Sabtu lalu (20/1/2018).

Ketua Panwaslu Sinjai Muh. Rusmin, Senin (22/1) mengatakan bahwa pengawasan langsung ini dilakukan untuk memastikan proses coklit yang dilakukan oleh PPDP berjalan sesuai dengan prosedur.

"Hal ini dilakukan karena proses ini sangat penting untuk memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih tidak kehilangan hak pilihnya,  apalgi dalam UU telah dijamin hak pilih warga negara," jelasnya.

Muh. Rusmin menambahkan bahwa jika ada orang atau pihak yang sengaja baik secara administrasi maupun dalam bentuk lain menghilangkan hak pilih seseorang maka sanksi pindana akan dikenakan.

"Coklit ini juga bertujuan memastikan bahwa semua data pemilih yang ada pada penyelenggara sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga bisa menghindari adanya pemilih fiktif," tambahnya.

Dalam pengawasan ini Panwaslu melibatkan seluruh Panwas Kecamatan dan Petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates