Trending

Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp 23 Milyar Sentra Industri Pengolahan Hasil Perikanan di Lappa

Ilustrasi
MC-SINJAI, Industri perikanan adalah salah satu sektor yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, demi mewujudkan sektor perikanan yang maju, mandiri dan kuat, Pemerintah Kabupaten Sinjai telah membangun Sentra industri pengolahan hasil perikanan yang berlokasi di Lingkungan Larea-rea Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara.

Sekertaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai Abdul Rahman saat menjadi narasumber dalam dialog interaktif di Studio Radio Suara Bersatu FM Kamis (25/1/18) mengatakan bahwa  tujuan utama dari pembangunan industri perikanan ini adalah meningkatkan kesejahteraan stakeholder perikanan seperti nelayan, pembudidaya, pengolah, dan pemasar hasil perikanan serta menyerap tenaga kerja.

Dalam pembangunan kawasan industri ini Pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI telah menggelontorkan dana sekitar Rp. 23 Milyar yang direncanakan tahun ini telah rampung pembangunannya.

"Tahun lalu dianggarkan sekitar 2,9 milyar dan tahun ini Pemerintah pusat menganggarkan dana sekitar 20 milyar untuk tahap penyelesaian sentra industri ini dan ditargetkan pada tahun 2019 sudah dapat dimanfaatkan," jelasnya.

Menurut Rahman, di kawasan ini nantinya ada 10 rumah produksi untuk beberapa jenis pengolahan hasil perikanan seperti Rumah produksi untuk pengolahan bakso ikan, nugget dan sebagainya. Selain itu dikawasan ini juga dsiapkan Laboratorium, rumah kemasan, showroom, galeri dan berbagai fasilitas lainnya.

"Jadi nantinya itu disana dalam bentuk UPT, disana ada 10 rumah produksi yang dilengkapi dengan peralatannya, ada juga rumah kemasan agar bagaimana nantinya produk dapat dikemas dengan menarik," katanya.

Rahman menambahkan bahwa Sentra industri pengolahan hasil perikanan ini akan menjadi percontohan di Sulawesi Selatan sebab Kabupaten Sinjai merupakan satu-satunya di Sulsel yang memperoleh anggaran dari pusat untuk pembangunan sentra ini.

"Mudah-mudahan setelah selesai sentra ini dapat dimanfaatkan secara baik dalam mendukung roda perekonomian di sektor perikanan sebab ini natinya jadi pilot project bagi daerah lain, jika ini berhasil maka tentunya daerah lain juga akan mendapatkan bantuan pembangunan kawasan ini dari pemerintah pusat," kata Rahman. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates