Trending

Tahun ini PUPR Sinjai Target Akses Air Minum Capai 81 Persen

MC-SINJAI, Pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi, belum sepenuhnya dilakukan PDAM sehingga kehadiran Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) banyak membantu pemenuhan  dan perbaikan layanan air bersih dan sanitasi secara merata hingga 2019.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai menargetkan peningkatan pelayanan akses air minum bagi masyarakat bisa mencapai 81 persen dan akses sanitasi kawasan pedesaan mencapai 68 persen pada tahun 2018 ini.

"Akses air minum pada tahun 2017 mencapai 76 persen, tahun ini targetkan 81 persen, demikian halnya akses sanitasi kawasan pedesaan mencapai 63 persen dan tahun ini kita targetkan meningkat menjadi 68 persen," kata Kepala Satker Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PIP) Dinas PUPR Sinjai A. Husdiansyah saat peresmian Pembangunan Pamsimas III di Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan, Rabu (24/1/18).

Untuk mencapai target tersebut, tahun ini Pemerintah telah berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Pamsimas di beberapa desa yang belum menikmati air minum.

Lebih lanjut Husdiansyah mengatakan pada tahun 2017 lalu ada 12 desa yang menjadi sasaran Pamsimas, 9 desa dibiayai melalui dana APBN dan 3 desa melalui APBD Kabupaten Sinjai.

"Untuk tahun 2018 ini akan kita tingkatkan yakni ditargetkan ada 22 desa yang jadi sasaran program ini,  15 desa dibiayai dana APBN dan 7 desa melalui APBD Kabupaten Sinjai," tambahnya.

Salah satu inovasi program Pamsimas yakni pelibatan peran aktif  masyarakat dalam mensinergikan target universal air minum dan sanitasi 100 persen pada tahun 2019. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates