Trending

Dinkes Sinjai Gelar Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan

MC-SINJAI, Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan primer yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Untuk mengoptimalkan fungsi Puskesmas tersebut diperlukan manajemen puskesmas yang didukung sistem pencatatan dan pelaporan yang berkualitas. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan dukungan sistem informasi puskesmas yang baik, mulai dari pengumpulan data hasil pelaksanaan kegiatan, sampai pada pengolahan dan pemanfaatannya.

Hal inilah yang mendorong Dinas Kesehatan Sinjai menggelar pelatihan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Aula Pertemuan Hotel Grand Rofina Sinjai sejak hari Selasa (31/10) hingga Kamis (2/11).

Kepala Sub Bagian Program Dinas Kesehatan Sinjai, Iwan SKM, M.Kes saat ditemui, Kamis (2/11) menjelaskan bahwa tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini diharapkan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dapat mengaplikasikannya sehingga informasi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas dapat lebih cepat dan akurat.

"Selama dua tahun terakhir ini kita coba kembangkan SIK terkait pelayanan di dalam maupun di luar ruang gedung, dimana perangkat kerasnya sudah ada dan saat ini kita memantapkan bagaimana agar aplikasi ini dapat terintegrasi antara pelaporan yang ada di Puskesmas dan di Dinas Kesehatan," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ini juga untuk mengkaji apakah pengembangan sistem informasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada di Puskesmas.

"Jadi ada 7 titik didalam Puskesmas itu yang kita kembangkan dan terkoneksi satu sama lain, mulai dari bagian pendaftaran, kartu, poligigi, dokter sampai ke bagian farmasi, sehingga masing-masing unit dapat mengetahui permasalahan dari pasien tersebut," urainya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari lembaga Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Sisfomas) Universitas Gaja Mada Jogjakarta. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates