Trending

Nelayan Sinjai Dibekali Ilmu Navigasi

MC-SINJAI, Selama ini nelayan dalam mencari ikan hanya mengandalkan perkiraan untuk mengetahui daerah yang banyak ikannya sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal. 

Untuk memaksimalkan hasil tangkapan nelayan , Dinas Perikanan Sinjai bekerjasama dengan PT Media Rekayasa Lintas (Marlin) melakukan sosialisasi sistem aplikasi berbasis android agar nelayan lebih terarah dalam menangkap ikan.

Kegiatan yang digelar di Aula Dinas Perikanan Sinjai, Rabu (15/11) ini dihadiri oleh para pengusaha maupun nelayan yang ada di Sinjai.

Perwakilan PT Marlin, Erlin Indrayanti dalam presentasinya menyampaikan bahwa navigasi nelayan ini adalah sistem yang memberikan informasi mengenai daerah potensi penangkapan ikan, kondisi cuaca, tinggi gelombang, kecepatan angin, arah angin dan jarak kapal ke posisi ikan.

"Manfaat alat ini yakni mempunyai arah dan target lokasi potensi ikan, efisiensi waktu dan menghemat bahan bakar sehingga alat ini dapat meningkatkan produktivitas hasil tangkapan dan pendapatan  nelayan," jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut para nelayan diajarkan cara penggunaan alat navigasi serta uji coba perangkat yang ditampilkan secara audio visual.

Kepala Dinas Perikanan Sinjai Ir. Sultan H. Tare menyampaikan bahwa produk teknologi berupa aplikasi android ini untuk memudahkan para nelayan dalam menangkap ikan.

"Alat ini dapat mendeteksi keberadaan ikan dilaut sehingga para nelayan tidak membutuhkan waktu yang lama lagi dalam menangkap ikan di laut," katanya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates