Trending

Batas Kawasan Hutan Ditanami Pohon Produktif

Salah Satu Kawasan Hutan di Sinjai
Mc-Sinjai, Batas Kawasan hutan di Kabupaten sinjai selalu bermasalah. Selama ini untuk menandai batas kawasan hutan lindung hanya menggunakan patok atau batu. Sehingga, masyarakat dengan mudah memindahkan batas kawasan tersebut.

Dengan kondisi tersebut, Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Sinjai menggagas batas kawasan hutan dengan tanaman produktif. Dimana batas kawasan ditandai dengan tanaman jenis tertentu.

Kepala Disbunhut Sinjai, Ramlan Hamid saat ditemui mengatakan, pohon yang dipilih sebagai pembatas adalah pohon durian dan pohon damar. Dengan menggunakan tanaman produktif ini masyarakat tidak hanya dapat  mengambil manfaat dari pohon tersebut.

"Pohon ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga bisa mengenal batas kawasan yang tidak bisa dipindahkan," jelasnya.

Ramlan mengutarakan, pihaknya memilih pohon durian karena bisa bernilai ekonomi. Buahnya bisa dijual atau dikonsumsi sendiri, seperti hutan yang ada di Desa Gantarang Kecamatan Sinjai tengah. Namun tidak semua lokasi ditanami durian akan tetapi juga pohon damar yang dinilai bernilai ekonomi. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates