Trending

Sinjai Meriahkan Pameran Prestasi Pembangunan Pertanian di Makassar

MC-SINJAI, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai berpartisipasi pada Pameran Pembangunan Pertanian Sulawesi Selatan 10 tahun terakhir yang berlangsung di Celebes Convention Center Makassar, Selasa (3/4/2018).

Pameran ini akan berlangsung hingga 5 April mendatang yang diikuti oleh sekitar 30 stand yang memamerkan produk unggulan masing-masing Daerah pertanian, perkebunan dan perikanan Kabupateb/Kota masing-masing.

Pameran ini dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulawesi Selatan, DR.H.Ruslan Abu,SH,MH.

Dalam sambutan Gubernur yang ia bacakan, menyampaikan bahwa pertanian bagi Sulsel merupakan hal yang sangat urgen dimana dominan masyarakat masih menggantungkan harapannya pada sektor pertanianian, budidaya  ikan atau beternak sudah merupakan budaya.

“Dalam struktur pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Sulsel, Pertanian masih merupakan kontributor terbesar dari 9 komponen PDRB yaitu sebesar 23,90%.Sejak tahun 2008 kita telah melakukan akselerasi peningkatan produksi 5 komoditas prioritas/unggulan yaitu Padi, Jagung, Kakao, Udang dan Sapi,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa upaya yang telah dilakukan tidak lain alam rangka meningkatkan derajat hidup masyarakat Sulsel, mempertahanakn predikat Sulsel sebagai provinsi penyelamat pangan nasional dan bagi masyarakat Sulsel yang bergerak di bidang pertanian tetap berkomitmen dalam meningkatkan surplus beras 2,66 juta yang telah dicapai tahun 2017 dan Insha Allah akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Acara ini dihadiri oleh Anggota Forkopimda atau yang mewakili, para Bupati/Walikota atau yang mewakili, para kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Sulsel.Dihadiri pula oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sinjai, A.Mustaking,SP,M.Si serta Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai, Ir.Hj.Marwatiah, M.Si.

Asisten III Bidang Administrasi Sekprov.Sulsel, DR.Ruslan Abu, SH,MH usai pembukaan Pameran Prestasi Pertanian Sulsel mengunjungi stand Kabupaten Sinjai.

“Sebaiknya produk yang ditampilkan dapat disertifikasi agar bisa dijamin , seperti Kopi, Beras dan Jagung”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sinjai, A.Mustakim, SP,M.Si menjelaskan bahwa di Sinjai yang telah memiliki sertifikasi adalah Beras Merah dan Jus Buah Naga Desa Sukamaju yang telah mendapatkan sertifikasi prima.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Ir.Hj.Marwatiah menjelaskan pula bahwa keikutsertaan Kabupaten Sinjai dalam pameran ini adalah untuk menampilkan sejunlah produk unggulan Sinjai, seperti Beras, Kopi, Ayam Akusi, Sayuran Hidroponik, dan sejumlah produk hasil olahannya.

“Meski persiapan kurang dari 2 minggu, kami berusaha untuk menampilkan yang terbaik dengan memamerkan produk unggulan Sinjai di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan”, jelasnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates