Trending

Harga Bawang Putih Melonjak, Ini Upaya Pemkab

MC-SINJAI, Sekretaris Daerah Sinjai Drs. Akbar memimpin rapat dalam rangka menjaga ketersediaan dan distribusi komoditi serta kenaikan  harga beberapa komoditi pertanian dan peternakan. 

Rapat ini dihadiri oleh Para Asisten,  Staf Ahli Bupati,  perwakilan Perbankan dan para pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Sinjai dan paea Camat di Ruang Kerja Sekda Sinjai,  Kamis (9/5/19).

Sekda Sinjai Drs. Akbar menyampaikan bahwa rapat ini digelar untuk menekan terjadinya inflasi yang diakibatkan oleh melonjaknya komoditas sembako yang dijual dipasaran  khususnya bawang putih. 

Olehnya itu ia mengharapkan kepada Dinas Tanaman Pangan untuk membentuk tim yang akan melihat desa mana yang cocok dan sesuai untuk pengembangan bawang putih sehingga tidak tergantung lagi dengan bawang putih impor.

"Berdasarkan hasil pemantauan di pasaran bahwa bawang putih melonjak hingga harga 60 ribu rupiah per kilogram dan ini dianggap tidak rasional," jelasnya. 

Selain itu Sekda juga meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk segera memberdayakan Pemerintah Desa dengan membentuk kelompok usaha baik di bidang pertanian maupun peternakan yang dikerjasamakan dengan BUMdes. 

Menurut Sekda, apabila kelompok ini telah dibentuk maka pemerintah akan memediasi dan memfasilitasi desa untuk memperoleh pinjaman kredit dari perbankan. 

"Saya sudah meminta kepada perbankan untuk menggunakan dana CSR untuk membantu desa dan pihak perbankan siap sepanjang ada usulan dan itu gratis," katanya.  (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates