Trending

Perawat Harus Bisa Beradaptasi di Era Digital

MC-SINJAI, Di era revolusi industri 4.0 teknologi informasi telah menjadi basis utama dalam kehidupan manusia. Kemajuan ini memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. 

Teknologi dengan pendekatan baru yang menggabungkan dunia fisik, digital, dan biologi secara fundamental akan mengubah pola hidup dan interaksi manusia dengan pekerjaannya.

Olehnya itu tenaga perawat diharapkan dapat beradaptasi di tengah tantangan globalisasi dan era digital saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. A. Suryanto Asapa menyebutkan perawat saat ini harus bisa mengimbangi perkembangan teknologi. Perawat dituntut bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar berbasis teknologi.

"Kita saat ini telah berada di era revolusi 4.0, dimana aerba digitalisusa dan kalau kita tidak mau mengikuti  perkembangannya maka kita akan tertinggal, jadi tidak ada pilihan kalau perawat mau tetap eksis maka ikuti harus menyesuaikan perkembangan yang ada," ungkapnya saat membuka Rakerda PPNI Sinjai di Lantai 2 Aula Pertemuan RSUD Ainjai,  Junat (30/8/19).

Lebih lanjut dikatakan, tantangan revolusi 4.0 juga akan mempengaruhi pelayanan sektor kesehatan hal ini dapat menjadi peluang bagi setiap para profesi kesehatan dalam hal ini tenaga perawat yang berkeja di pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan perubahan zaman. 

Adaptasi dengan perubahan era revolusi 4.0 dapat dilakukan dengan meningkatan skil kemampuan karakter peran perawat yang akan berpengaruh terhadap setiap lini dalam pelayanan kesehatan modern saat ini.

Sementara itu,  Ketua DPD PPNI Sinjai A. Ariani Djalil mengakui bahwa perawat sekarang memang dibutuhkan untuk lebih maju, lebih eksis dalam bidang pelayanan sebab perawat merupakan profesi yang terbesar hampir di setiap tatanan pelayanan kesehatan.

"Profesi keperawatan adalah profesi yang populasinya terbesar sehingga dengan demikian apabila profesi keperawatan ini betul-betul kita kembangkan dengan baik, mampu menunjang pelayanan yang lebih maksimal, tetapi untuk mencapai itu perawat  harus dibekali dengan kemampuan pengetahuan teknologi dan kemampuan pribadi sehingga mampu memberikan pelayanan secara paripurna," kata Andi Nini sapaan A. Ariani Djalil. (AaNd Kominfo) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates