Trending

FRONT GERTAK DUKUNG PEMBEBASAN WARGA TURUNGAN BAJI

MC-SINJAI. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Gerakan Anti Perampasan Tanah Rakyat (GERTAK) melakukan aksi solidaritas perjuangan kerakyatan di  3 titik , yakni Lapangan Nasional (LAPNAS), Perempatan Lampu Merah - Diskominfobudpar, dan di depan Kantor Dinas Perkebunan dan Kehutanan (DISBUNHUT) Sinjai,  Selasa (21/10).

Mereka menuntut pembebasan salah seorang warga Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Bahtiar Bin Sabang, yang ditangkap pada 13 Oktober 2014 lalu atas dugaan menebang pohon dalam Kawasan Hutan Produksi Terbatas yang juga merupakan kebun tempat masyarakat bertani.

Mereka menilai, pemerintah daerah dalam hal ini Disbunhut tidak memberikan kejelasan tentang Kawasan Hutan Produksi Terbatas kepada masyarakat. 

Anggota GERTAK, Andis menambahkan  bahwa klaim Disbunhut ini mencakup beberapa desa, selain Desa Turungan Baji,  juga Desa Terasa, Bonto Salama, Bontokatute, Sao Tanre dan Gunung Perak. Menurutnya sejak tahun 1994, upaya kriminalisasi warga terjadi belasan kali hingga saat ini.

Mereka berharap ada kejelasan batas tentang kawasan hutan produksi kepada masyarakat agar tidak terjadi lagi konflik antara masyarakat dan pemerintah daerah,karena hal ini di karenakan ketidak tahuan masyarakat tentang kawasan hutan produksi terbatas. (L2).






About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates