Trending

Pemadam Kebakaran Sering di Permainkan Penelepon Gelap

MC-SINJAI. Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Sinjai menyatakan sering menerima telepon gelap yang memberi informasi terjadinya kebakaran di satu lokasi, namun setelah didatangi ternyata informasi itu tidak benar. 

Diduga telepon gelap itu dimotivasi oleh kinerja pemadam kebakaran selama ini dianggap mengecewakan, karena selalu datang terlambat dalam setiap ada kebakaran. 

Beberapa waktu yang lalu peristiwa serupa kembali terjadi. Seorang penelpon mengabarkan telah terjadi kebakaran di Kecamatan Sinjai Selatan . Petugas PMK segera mengerahkan beberapa armada mobil pemadam kebakaran (damkar) ke alamat tersebut, namun setelah tiba di lokasi tidak terjadi apa-apa.

Kondisi tersebut menyebabkan instansi yang bertugas melakukan tindakan saat terjadi kebakaran itu ragu untuk bertindak saat menerima telepon yang mengabarkan telah terjadi kebakaran di satu lokasi. Sebab, dikawatirkan, informasi tersebut hanya merupakan perbuatan orang-orang iseng.

Kepala Pelaksana BPBD Sinjai, A. Junaedi Mustafa saat di temui diruang kerjanya, Rabu (08/10/2014), mengatakan pihaknya tidak mengerti kenapa hal seperti itu sering terjadi, padahal informasi kabakaran bukanlah kabar mainan.

Menurutnya, jika hal semacam ini terus terjadi di Sinjai akan membuat para petugas yang selalu siap akan tidak percaya lagi terhadap para penelpon yang memberikan kabar tentang peristiwa kebakaran.

“Kabar semacam itu bukan untuk dibuat main-main, karena jika tidak, para petugas pemadam tidak akan segera percaya dengan setiap telepon kebakaran yang diterima. Dan itu akan menyebabkan peristiwa kebakaran tidak akan segera tertangani,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menelusuri oknum yang memberikan informasi tidak benar serta bekerja sama dengan masing - masing kepala lingkungan khususnya di Kecamatan Sinjai Utara.

Ia berharap kesadaran masyarakat untuk tidak sembarangan memberikan informasi, sehingga petugas tidak merasa dipermainkan yang dapat berdampak pada kepercayaan mereka terhadap setiap informasi yang diterima.(L2)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates