Trending

Bupati Sinjai Serahkan LKPD 2016 ke BPK RI

MC-SINJAI, Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2016, di Aula BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Makassar, Kamis (6/4).

Selain Kabupaten Sinjai, 3 Kabupaten lainnya, yakni Soppeng, Jeneponto dan Luwu Timur turut menyerahkan LPKD-nya. Penyerahan Laporan ini dimulai dengan penandatanganan berita acara serah terima laporan keuangan pemerintah daerah.

Penyerahan LKPD ini diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Selatan Endang Tuti Kardiati. Dalam sambutannya Endang menyebutkan bahwa setelah menerima laporan tersebut, maka terhitung sejak hari itu, BPK Perwakilan Sulawesi Selatan akan segera menugaskan para pemeriksa terbaiknya untuk melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan yang dimaksud.

“Dalam melakukan pemeriksaan, BPK memiliki standar yang digunakan secara ketat oleh para pemeriksa, yaitu Standar Pemeriksaan Keuangan Negara atau SPKN,” Ujar Endang Tuti Kardiati.

Lebih lanjut Endang mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut menggunakan empat kriteria, yakni kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, efektifitas Sistem Pengendalian Interen, dankepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Berdasarkan hal tersebut kata Endang maka opini atas laporan keuangan yang diberikan oleh BPK terdiri dari empat jenis yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Opini Tidak Wajar (TW), dan Opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP).

Penyerahan LKPD ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, Sekertaris Daerah Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere dan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai. 

Sekedar diketahui pada tahun anggaran 2015 sesuai data BPK RI, sebanyak 17 pemerintah daerah termasuk pemprov yang mendapatkan opini WTP, sebanyak 5 pemda yang mendapat opini WDP, 2 pemda mendapatkan opini Tidak Wajar, dan 1 pemda mendapatkan opini TMP.(AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates