Trending

Dishub Ajak Warga Sinjai Jadi Pelaut Melalui Diklat Gratis

Kadis Perhubungan Sinjai, Aslan Abbas, SH
MC-SINJAI, Menindaklanjuti program pemerintah dalam rangka memberikan sekolah vokasi gratis atau diklat pelaut gratis bagi calon pelaut, Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai akan menerima calon pelaut secara gratis. 

Calon pelaut yang akan mengikuti sekolah vokasi gratis tersebut akan dikirim mengikuti diklat vokasi di sekolah Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dan  Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong.

Kepala Dinas Perhubungan Sinjai, Aslan Abbas saat ditemui di Ruang kerjanya, Jumat (7/4) mengatakan, Kementerian Perhubungan membuka peluang bagi putra asal Sinjai untuk diikutkan pada diklat pelaut gratis di Makassar.

Diklat vokasi ini akan berlangsung selama 15 hari. Para siswa diklat akan mendapatkan tiga sertifikat yaitu, basic safety training, Security Awareness Training, Advance Fire Fighting, dan ditambah buku pelaut.

“Bermodalkan sertifikat itu mereka bisa langsung bekerja di kapal sebagai anak buah kapal (ABK). Selanjutnya, mereka bisa melanjutkan pendidikan lagi untuk meningkatkan ratingnya,” jelas Aslan.

Adapun syarat utama calon peserta diklat ini adalah pendidikan minimal SLTP/sederajat, usia 16-35 tahun, berasal dari keluarga miskin dan tidak buta warna.

"Jadi jika ada yang berminat jadi pelaut silahkan daftarkan diri di Kantor Dinas Perhubungan Sinjai, di Jalan Bulu Pattuku," katanya.

Lebih lanjut Aslan mengatakan bahwa jika sudah terdapat 30 orang yang telah mendaftar dan telah memenuhi syarat maka selanjutkan akan diberangkatkan ke Makassar untuk mengikuti diklat pelaut.

Program ini merupakan salah satu upaya dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSD) Kementerian Perhubungan dalam menindaklanjuti visi dan misi dari pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat usia produktif dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates