Trending

Aplikasi LA SAPI, Peternak Bisa Konsultasi Dengan Dokter Hewan

MC-SINJAI, Dimasa pandemi covid-19 ini setiap instansi dituntut untuk kreatif dalam berinovasi sehingga berbagai aktivitas yang dilaksanakan dapat bsrjalan maksimal dan aman dari virus corona. 

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan)  Sinjai menyediakan aplikasi LA SAPI (layanan seluler Peternakan Terintegrasi) yang tidak hanya menyediakan fitur jual beli ternak,  akan tetapi juga didalamnya menyediakan layanan penyuluhan dan konsutasi dengan dokter hewan. 

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disnak Keswan Sinjai drh. Mappamancu dalam dialog interaktif di Studio Sinjai TV,  Selasa (7/7/20) mengatakan,  aplikasi LA SAPI yang bisa diunduh melalui play store ini merupakan salah satu solusi yang tepat digunakan selama pandemi virus corona belum berakhir. 

Mengingat dalam aplikasi ini disediakan ruang untuk konsultasi dengan dokter hewan dan juga sebagai sarana penyuluhan secara virtual. 

" Selama ini penyuluhan kepada ternak kami lakukan secara kinvensional atau tatap muka yang dikumpulkan pada satu tempat, namun ini sulit dilakukan selama Covid-19 ini sehingga melalui fitur yang ada dalam LA SAPI ini bisa kita gunakan secara virtual, " tandasnya.

Demikuan halnya untuk pelayanan konsultasi dengan dokter hewan,  dalam aplikasi tersebut masyarakat bisa berkomunikasi langsung dengan dokter hewan jika memiliki masalah dengan hewan trrnak atau hewan peliharaan. 

"Selama ini jika masyarakat minta pelayanan datang langsung ke Puskeswan atau hanya lewat telepon saja sebelum petugas turun.  Tetapi dengan adanya aplikasi ini, peternak hanya di rumah saja tinggal foto hewan yang sakit dan apa kendalanya kemudian bisa langsung dikirim ke dokter hewan sehingga mudah dalam penanganannya, " tuturnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates