Trending

Sinjai Fokus Pengembangan Industri Perikanan

MC-SINJAI, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (PPESDM) Sinjai menggelar Ekspose Rancangan pengembangan Industri  Kabupaten (RPIK) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat (20/1).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Daerah Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere dan dihadiri oleh Kepala PPESDM Sinjai, Drs. Akbar Mukmin dan beberapa Kepala SKPD dan Camat Lingkup Pemkab Sinjai.

H. Taiyeb A. Mappasere dalam sambutannya mengatakan bahwa ekspose ini merupakan referensi pemerintah daerah dalam menyusun dokumen perencanaan khususnya terkait pegembangan  industri di Kabupaten Sinjai.

Sementara itu, narasumber dari Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Zulkifli Syamsir dalam pemaparannya mengatakan bahwa rencana pembangunan industri kecil di Sinjai pada tahun 2015-2035 ada 4 komoditas yakni  perikanan, rumput laut, kopi dan kakao.

Khusus di sektor perikanan, dimana Sinjai merupakan salah satu penghasil ikan terbesar di Sulsel. Pemilihan sektor ini dinilai sangat tepat sebab sejalan dan terkoneksi dengan rencana pembangunan industri di tingkat nasional dan propinsi yang juga menitikberatkan pada sektor perikanan.

"Jadi pemilihan sektor perikanan sebagai fokus dalam pengembangan industri di Kabupaten Sinjai merupakan langkah yang sangat tepat sebab hal ini sejalan dengan rencana pengembangan industri di tingkat nasional dan Propinsi Sulsel," jelas mantan Birokrat ini.

Seiring dengan hal tersebut, Kementrian Perindustrian RI akan membangun fasilitas pusat pengembangan olahan industri perikanan di Kelurahan Lappa. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates