Trending

Masyarakat Sinjai Diminta Gunakan Septic Tank Kedap Air

Model Septic Tank Kedap Air
MC-SINJAI,  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK)  Kabupaten Sinjai menghimbau masyarakat agar dapat menggunakan saluran sanitasi septic tank yang kedap air.

"septic tank yang tidak kedap air ini sangat berbahaya, karena mengakibatkan air limbah dari kotoran tersebut menjadi sumber penyakit," ujar Kepala DLHK Sinjai,  Arifuddin saat dtemui,  Senin (7/1/19).

Arifuddin menjelaskan bahwa Septic Tank yang tidak kedap air dapat menyebabkan limbah yang terkumpul justru akan meresap ke tanah, mencemari lingkungan, dan mengancam kebersihan air tanah.

Menurutnya,  septic tank yang baik adalah yang kedap air dan disedot secara berkala, yakni jangka waktu satu tahun sekali.

Sementara Septic Tank yang tidak kedap air mampu bertahan sekitar 10 tahun tanpa disedot. Tanpa disadari, 10 tahun tidak disedot akan membuat bakteri ecoli menyatu dengan tanah, sehingga dapat mengontaminasi sumber air tanah, seperti sumur.

Untuk itu, lanjut Arifuddin,  pihaknya mengimbau kepada masyarakat jika ingin membangun septic tank harus yang standar, yakni septic tank kedap air.

"Mengatasi hal ini kami harap Dinas Kominfo perlu mensosialisasikan ke masyarakat tentang model septic tank yang benar adalah  septic tank kedap air. selain itu, jarak antara septic tank dan sumur air minimal adalah 10 meter," terangnya.

Ia juga mengaharapkan kepada instansi Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat untuk mengawasi setiap pembangunan rumah agar menggunakan septic tank kedap air. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates