Trending

Pemerintah Alokasikan Dana Kelurahan, Lurah Diminta Usulkan Rencana Kerja

MC-SINJAI, Pemerintah Pusat segera mengalokasikan anggaran ke setiap kelurahan. Karenanya, para lurah diminta membuat rencana kerja masing-masing.

Hal itu dikatakan Kepala Bappeda Sinjai A. Ilham Abubakar saat menjadi pemateri dalam pelatihan penyusunan perencanaan pembangunan dan Laporan Pertanggungjawaban Dana Kelurahan,  di Ruang Pertemuan Gedung B Kantor Bupati Sinjai, 22-23 Januari 2019.

Disampaikan,  anggaran kelurahan merupakan salah satu wujud nyata bentuk kepedulian pemerintah pusat terhadap pemerataan pembangunan di seluruh wilayah nusantara.

"Karena itu  Pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk setiap kelurahan meski besarannya belum setara dengan anggaran desa," katanya.

Setiap kelurahan dapat mengusulkan berbagai program kegiatan yang sesuai petunjuk teknis terkait penggunaan Dana Kelurahan tahun 2019 yakni sarana dan prasarana kelurahan serta kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Bidang Sosial Pemerintah Bappeda Sinjai Hj. A. Sompa Rabu (23/1/19) menambahkan bahwa mekanisme perencanaan tidak mengalami perubahan, dimana setiap keluraham tetap mengusulkan program melalui kegiatan musrenbang.

"Usulan program tetap melalui mekanisme lama yaitu melalui musrenbang di kelurahan tetapi ada dua output, yakni usulan untuk RKPD Kabupaten dan usulan untuk rencana program yang menggunakan dana kelurahan," katanya.

Berdasarkan data anggaran 2019, Pemerintah Pusat akan mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun untuk sekitar 8.122 kelurahan di Indonesia. Khusus di sinjai masing-masing kelurahan akan memperoleh anggaran sebesar Rp. 370 juta lebih.  (AaNd

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates