Trending

Pemilu 2019, KPU Sinjai Bakal Rekrut Ribuan KPPS

MC-SINJAI, Pemilihan umum 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sinjai bakal merekrut 5.936 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Sinjai,  Muh. Naim saat melantik Anggota PPK di Tribun Utama Lapangan Sinjai Bersatu,  Rabu (2/01/19) mengatakan berdasarkan hitungan yang dibutuhkan KPU lebih dari 5 ribu KPPS yang akan direkrut.

“Dibutuhkan sekitar 5.936 KPPS dan jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS yang meningkat,” katanya. 

Lebih lanjut Muh. Naim mengatakan, ribuan anggota KPPS tersebut, nantinya akan ditugaskan di 848 Tempat Pemungutan Suara (TPS), tersebar di sejumlah Desa/kelurahan se-Kabupaten Sinjai. Dengan rincian di masing-masing TPS jumlah petugas KPPS sebanyak 7 orang.

“5.936 orang ini kita akan rekrut pada bulan Februari, nantinya bakal mengisi di 848 TPS dan setiap TPS akan diisi petugas sebanyak 7 orang,” jelasnya.

Ia menegaskan, karena petugas KPPS ini sebagai ujung tombak penyelenggara ditingkat bawah, maka semua anggota yang akan mendaftar harus netral dan bukan anggota atau pengurus partai Politik.

Naim juga berharap kepada Pemerintah Daerah agar mempsrbolehkan PNS menjadi anggota KPPS,  hal ini menurutnya penting sebab tugas KPPS dinilai sangat berat. 

"Saya harap Pak Bupati bisa memberikan kelonggaran kepada PNS yang ingin menjadi anggota KPPS, " harapnya. 

Menanggapi harapan tersebut,  Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa siap memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan KPU dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, termasuk PNS yang ingin menjadi anggota KPPS. 

"Mungkin KPU kekkurangan anggota KPPS, Insya Allah akan kami keluarkan surat edaran untuk mengijinkan PNS yang berminat untuk menjadi anggota KPPS sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang ada, "katanya. 

Selain itu Bupati juga merestui penggunaan fasilitas negara sebagai sarana tempat Pemungutan Suara (TPS)  seperti gedung perkantoran,  sekolah dan sebagainya. 

"Terkait hal ini kami  nantinya juga akan mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan fasilitas negara,  apalagi ruangan yang dibutuhkan adalah ruangan yang representatif dengan ukuran 8x10 meter, " tambahnya. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates