Trending

Dihadapan Wagub, Bupati Paparkan Program Prioritas Bidang Kesehatan

Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa SH, LLM
MC-SINJAI, Keberhasilan suatu pembangunan salah satunya terlihat dari masyarakatnya yang sehat. Sehat adalah aset yang paling berharga, ketika seorang memiliki kesehatan yang prima, maka akan mampu menghadirkan produktivitas. 

Untuk itu Bupati Sinjai A.Seto Gadhista Asapa menegaskan upaya Pemerintah Kabupaten Sinjai untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tentunya  dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Dihadapan Wakil Gubernur Sulsel pada puncak peringatan Hari Jadi Sinjai Ke 455, di Halaman Rumah jabatan Bupati Sinjai,Rabu (27/2/19), Bupati menguraikan secara rinci program yang telah telah dilaksanakan selama lima bulan kepemimpinannya dan program yang akan dilaksanakan selama lima tahun kedepan salah satunya di bidang kesehatan.

Adapun program yang telah dilaksanakan khusus bidang kesehatan diantaranya  program Home Care dan Home Visit  sebagai wadah untuk memberikan tindakan medis langsung ke rumah-rumah warga yang membutuhkan,  untuk pasien rujukan ke Makassar Pemerintah juga telah menyiapkan fasilitas sebuah rumah tunggu untuk keluarga pasien tidak mampu yang membutuhkan tempat tinggal sementara di Makassar. 

"Jumlah rumah tunggu saat ini ada tiga rumah dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat dan ini akan terus kita tambah pada lokasi-lokasi strategis di dekat rumah sakit-rumah sakit rujukan di Makassar," katanya.

Selain itu, Sebagai upaya mewujudkan universal health coverage Pemerintah juga telah mempermudah proses pelayanan jaminan kesehatan dengan hanya menggunakan KTP/KK bagi masyarakat Sinjai, serta melaksanakan operasi katarak, bibir sumbing dan penyakit khusus lainnya secara gratis yang dilakukan secara berkala.

Sementara beberapa program yang akan menjadi fokus Pemerintah di bidang kesehatan hingga lima tahun ke depan diantaranya pembangunan dua rumah sakit tipe D di kecamatan, Program 1 desa 1 puskesmas pembantu dan 1 desa 1 ambulans.  

"Khusus di Pulau Sembilan, kita akan mengupayakan adanya speedboad di setiap pulau untuk peningkatan pelayanan kesehatan dan alhamdulillah program ini direspon baik oleh pemerintah Provinsi yang akan memberikan bantuan ambulance laut untuk waga di Pulau" imbuhnya.

SDM tenaga kesehatan juga akan mejadi perhatikan Pemkab dengan pemberian insentif tambahan kepada tenaga kesehatan yang bertugas di daerah terpencil, pemberian fasilitas untuk dokter dan insentif bagi tenaga sukarela kesehatan. 

Selain itu, Untuk menutupi kekurangan tenaga kesehatan, maka akan diupayakan penambahan jumlah dokter dan tenaga medis, serta memfasilitasi lulusan SLTA sederajat yang berminat mengambil jurusan kedokteran.

Pelayanan kesehatan diarahkan dapat meningkatkan efektifitas pelayanan umum. Untuk itu akan dibentuk Call center terpadu 119 selama 24 jam yang terintegrasi dengan pemadam kebakaran dan siaga bencana yang mencakup seluruh kecamatan.

"Seluruh program prioritas ini, kami canangkan tak lain dan tak bukan semata-mata untuk Sinjai yang lebih baik. Untuk itu dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkannya tentunya akan sangat berarti," Ucap Bupati di akhir sambutannya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates