Trending

Kasubag TU kemenag Jadi Pemateri di Kuliah Perdana IAIM Sinjai

MC-SINJAI, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, H. Roslan, S.Ag, memberikan materi  kuliah perdana pada mahasiswa semester genap Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai tahun Akademik 2018 - 2019, Kamis (7/2/19) di Auditorium H. M. Amir Said, Kampus IAIM Sinjai.

H. Roslan dalam materinya mengangkat tema “Komunikasi Dakwah di Era Transparansi Demokrasi”, menguraikan tentang pemaknaan dakwah yang lebih Universal dimana dakwah merupakan segala upaya Islami yang dimaksudkan sebagai aktifitas pembebasan, pembangunan, penyebaran dan perwujudan Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin.

Selain itu, H. Roslan juga mengutip salah satu pendapat dari Syekh Ali Mahfudz dengan mengajak  manusia agar melakukan kebaikan dan menuruti petunjuk, menyuruh mereka berbuat kebaikan dan melarang mereka dari perbuatan mungkar.

Dihadapan mahasiswa FUKIS  H. Roslan menguraikan pengertian tentang dakwah dan komunikasi. Dikatakan, dakwah adalah kegiatan yang mengkomunikasikan kebenaran Ilahiyah (Agama Islam) yang diyakininya kepada pihak lain. Sedangkan Komunikasi itu sendiri adalah ajaran yang dilakukan sebagai upaya mempengaruhi orang lain agar mereka bersiap dan bertingkah laku yang Islami.

"Olehnya itu, pada masa sekarang ini peran Penyuluh Agama Islam  yang merupakan jari-jari dan wajah Kementerian Agama sangat penting, mengingat beberapa hal pokok yang perlu dikomunikasikan atau didakwahkan kepada masyarakat diantaranya pembangunan memerlukan partisipasi masyarakat dan umat beragama perlu dimotivasi, untuk berperan secara aktif menyukseskan pembangunan, jelas Roslan.

Kuliah perdana yang dibuka Dekan FUKIS, Suriati  dihadiri dosen dan mahasiswa fukis (BPI, KPI, IAT), dimana sebelumnya juga telah diadakan kuliah perdana kepada  mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan Fakultas Ekonomi dan Hukum Isam (FEHI) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai sebagai tatap muka bersama mahasiswa dan dosen se-fakultas. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates