Trending

Piala Dunia Pengaruhi Tingkat Partisipasi Pemilih

MC-SINJAI, Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Sinjai dalam Pemilihan Presiden (Pilpres ) yang digelar Rabu (9/7), diprediksi sejumlah kalangan menurun. 

Indikator menurun karena berbagai faktor, di antaranya berkaitan dengan bulan Ramadhan dan penggelaran sepakbola piala dunia yang digelar dini hari.
 
Pesta demokrasi ini jatuh tepat pada bulan Ramadhan, dimana masyarakat lebih fokus melaksanakan ibadah, bahkan malam hari mereka melaksanakan tadarus hingga jelang sahur, kondisi ini membuat warga malas ke luar di siang hari. Apalagi bagi mereka yang penggemar bola.

Seperti yang terjadi di TPS 05 Kelurahan Balangnipa dimana pada Pemilihan Legislatif lalu, persentase pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS ini sebesar 90 persen, sementara pilpres sekarang hanya 69 persen.

"Total pemilih yang datang hari ini sebanyak 313 dari jumlah pemilih terdaftar di DPT sebanyak 456 orang. Jauh menurun dibandingkan pileg yang lalu," Kata Ketua KPPS TPS 5 Kelurahan balangnipa Andi Marsus.

Andi Marsus mengatakan, jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilihnya mengalami penurunan dibanding pemilihan legislatif lalu. Menurut dia, penyebab menurunnya partisipasi pemilih diduga karena pengaruh banyaknya warga yang masih beristirahat pada saat pencoblosan. 

"Banyak warga kelelahan nonton Piala Dunia dan beberapa dari mereka memang ada yang tidak respek dengan pilpres kali ini," pungkasnya.

Kebanyakan dari para penggila bola yang tidak mencoblos adalah pemilih pemula yang memang tidak begitu suka perbincangan politik. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates