Trending

Kemenag Sinjai Gelar Pembinaan Penyelenggaraan Hisab

MC-SINJAI. Dalam rangka penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 Dzulhijjah dan meminimalisir perbedaan penentuan hari puasa dan lebaran, Kantor Kementrian agama Sinjai Menggelar Pembinaan Hisab di aula Kantor Kemenag Sinjai, Sabtu 30 Mei 2015

Ketua Panitia Pelaksana, Drs. H. Sofyan  dalam laporannya mengatakan bahwa  “Kegiatan ini penting dilaksanakan karena bukan hanya digunakan pada saat penentuan awal Ramadhan dan satu Syawal saja, tapi bagaimana membuat dan menghitung kalender atau almanak

Kasubag Tata Usaha, H. Roslan, yang membuka acara tersebut menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut, karena menurutnya saat ini sangat minim pembinaan dibidang hisab dan rukyat terlebih lagi dengan perkembangan dan kemajuan tekhnologi. 

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huffahz Ustadz H. Anwar Harun,  selaku pemateri menyampaikan bahwa solusi tepat dalam penetapan awal Ramadhan dan awal  Syawal yang dapat diterima oleh semua kalangan adalah mengikuti Mathlah’ Saudi Arabia berdasarkan hasil penetapan lembaga Hisab Rukyat Saudi Arabia .

Lebih lanjut H.Roslan berharap dengan adanya kegiatan tersebut, peserta kegiatan bisa menjelaskan kepada masyarakat terkait penetapan awal bulan suci Ramadhan, 1 Syawal, 1 Muharram agar tidak terjadi perselisihan diantara umat Islam (L2).


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates