Trending

Desa Bongki Lengkese Punya Potensi Sumber Air Melimpah

Kepala Desa Bongki Lengkese, A. Muh. Djamil
MC-SINJAI, Dibandingkan desa-desa lain yang berada di sekitarnya, Desa Bongki Lengkese, Kecamatan Sinjai Timur tergolong memiliki sumber air melimpah. Tak ayal, sumur bor di desa setempat dimanfaatkan untuk pengairan di sawah.

Kepala Desa Bongki Lengkese Andi Muh. Djamil saaat ditemui, Selasa (19/9) mengatakan bahwa desa yang dipimpinnya memiliki sumber air yang sangat potensial yakni mata air dari sumur bor di Mallenreng dusun Lengkese yang memiliki debit air 19 liter/detik.

"Ini merupakan sumber mata air baru yang telah digali oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sulsel dan sangat potensial karena debit air mencapai 19 liter/detik, kapasitas debit air ini lebih besar dibanding sumber air Wae Tuoe," katanya.

Meski memiliki sumber air yang melimpah namun sebagian warga belum bisa menikmati air bersih akibat terkendala dengan perpipaan yang belum tersedia.

Olehnya itu kata Andi Djamil, pada tahun 2018 mendatang akan membuat proyek air bersih melalui Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang akan diselaraskan melalui program BUMDes.

Selain itu, Desa Bongki Lengkese juga memiliki sumur bor dengan kapasitas 7 liter/detik di Dusun Tappalang yang selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Desa yang memiliki penduduk sekitar 270 Kepala Keluarga (KK) ini 99 persen berprofesi sebagai petani. Selama ini mereka tidak menemui kendala jika musim kemarau tiba namun mereka hanya terkendala dalam kesulitan pemasaran hasil produksi petani setempat. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates