Trending

Pemkab Sinjai Genjot Sektor Pertanian

KTNA Sinjai Borong Saat Melakukan Panen Kubis
MC-SINJAI, Satu tahun masa Kepemimpinan Bupati Sinjai, Pemerintah kabupaten Sinjai fokus menggenjot sektor pertanian yang merupakan sebagai salah satu uggulan daerah Kabupaten Sinjai.

Tahun 2014 ini, sebagai awal kepemimpinan Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya, dilaksanakan pekerjaan pembangunan jalan tani yang dikelola dan dikerjakan oleh masyarakat secara langsung sebanyak 30 paket, dan yang dikerjakan oleh kontraktor (dilelang) sebanyak 9 paket sehingga total 39 paket jalan tani.

Sementara itu, untuk pembangunan Irigasi sebanyak 20 paket dikelola langsung oleh kelompok masyarakat dan 7 paket ditenderkan total 27 paket.

Dalam hal bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat diantaranya,  pemberian bantuan gratis berupa benih langsung kepada 440 kelompok tani, pupuk langsung untuk 12.300 Ha lahan sawah dari potensi 14.766 Ha lahan sawah yang ada di Sinjai. Demikian juga untuk SLPTT-Jagung diberikan bantuan benih kepada 40 kelompok tani dan pupuk langsung untuk 2.000 Ha Lahan Jagung.

Dukungan bantuan lainnya berupa Bantuan Hand Tractor gratis sebanyak 57 unit, Pompa Air, Bendungan cekdam, Handsfrayer dengan nilai kurang lebih 25 M. Selain itu ada juga bantuan UPPO (unit pengelola pupuk organik) yang dikelola oleh kelompok masyarakat terdiri dari 10 Ekor Sapi, Pembangunan Kandang, Kantor dan Gudang, Mesin Produksi, Alat Fermentasi dan Sarana Transportasi Angkutan Pupuk senilai 186 juta. Hingga Tahun 2014 ini telah berdiri 14 unit UPPO.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Sinjai, Sabir Syur mengatakan dengan adanya bantuan ini para petani diharapkan meningkatkan produktifitas pertanian. "Seiring dengan perkembangan peningkatan kebutuhan pokok masyarakat, maka pembangunan dan dukungan sarana prasarana masyarakat petani terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai," jelasnya.

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya mengatakan, program pemberdayaan masyarakat tani serta pemberian bantuan sarana dan prasarana ini untuk mendukung peningkatan produktifitas sektor pertanian sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Sinjai. (Humas/AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates