Trending

Sekretaris Disdik Buka Diklat Peningkatan Kompetensi Tutor

MC-SINJAI, Dewan Perwakilan Cabang Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (DPC FTPKN) Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar Diklat Peningkatan Kompetensi Tutor di Aula Wisma Sajaya Putra,  Rabu (6/11/19).

Kegiatan yang anggarannya bersumber dari Bantuan Pemeruntan melalui Dirjen GTK paud dan Dikmas ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Hj. A. Sompa yang didamoinginileh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Diadik Sinjai Marzuki. 

Ketua Forum DPC FTPKN Sinjai Muhammad Irfan dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan pembelajaran kurikulum 2013 bagi tutor kesetaraan sehingga pelayanan pendidikan non formal yang berkualitas tercapai secara maksimal.

"Hasil yang dicapai setelah diklat ini tutor dapat mencapai tingkat pengetahuan,  keterampilan dan sikap yang lebih optimal dalam mengimplementasikan kurikukum 2013 di kelompok belajar masing-masing, " katanya. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendisikan Sinjai Hj. A. Sompa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan dalam rangka kompetensi, Sumber Daya Manusia dan mutu pembelajaran bagi tutor kesetaraan. 

Dimana menurutnya,  pendidikan kesetaraan adalah pendidikan non formal yang ditujukan kepada warga negara yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal di sekolah.

"Seorang Tutor dituntut untuk selalu belajar mengikuti perubahan yang ada khususnya dalam perkembangan teknologi yang saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0," tambahnya. 

Diklat yang berlangsung hingga tanggal 10 November 2019 ini diikuti sebanyak 40 peserta dari perwakilan masiing-masing Lembaga Non Formal yang ada di Sinjai. 

Adapun narasumber Diklat Tutor Pendidikan Kesetaraan yakni adalah Master Of Trainers dari Direktorat Jenderal GTK PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.  (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates