Trending

Inovasi Baru! Kini Sampah Bisa Ditukar dengan Sembako

Kabid Pengelolaan Sampah, B3 dan Peningkatan Kapasitas DLHK Sinjai A. Mappanganro SE, M.Si
MC-SINJAI, Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai membentuk Koperasi Bank Sampah. 

Dimana koperasi tersebut bertujuan menerima dan membeli hasil pengelolaan sampah, sehingga para pengelola bank sampah yang ada tidak kebingungan mau dijual kemana hasil pengelolaannya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah, Bahan Berbahaya & Beracun (B3) dan Peningkatan kapasitas DLHK Sinjai A. Mappanganro, SE. MSi saat ditemui di Ruang kerjanya, Selasa (22/5/18) mengatakan bahwa koperasi ini dibentuk tidak lain untuk menangani penanggulangan sampah di Kabupaten Sinjai.

"Hal ini kita lakukan mengingat kondisi TPA (Tempat Pembuangan Akhir)  kita yang tidak memungkinkan atau umurnya tidak lama lagi jika  sampah tidak diolah kembali, ini juga sejalan dengan program nasional agar dibentuk koperasi bank sampah," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa koperasi ini menerima segala jenis sampah yang bernilai ekonomis dan dapat dikelola kembali menjadi barang yang bermanfaat seperti botol plastik, besi, kertas, karton, aluminium, barang-barang bekas lainnya.

Setiap anggota koperasi ini dapat menukarkan sampah dengan uang atau sembako yang telah disiapkan oleh koperasi tersebut sesuai dengan volume sampah yang dimiliki oleh nasabah. 

"Setiap anggota koperasi memiliki buku rekening dimana didalamnya tertera jumlah sampah dan saldo yang bisa ditukarkan dengan sembako," katanya.

Mappanganro menambahkan, koperasi bank sampah ini masih dalam tahap sosialisasi dimana anggotanya saat ini terdiri dari para Satgas Kebersihan, para PNS dan juga dari masyarakat umum lainnya. Olehnya itu ia mengajak kepada masyarakat untuk menjadi anggota koperasi. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates