Trending

PKBM Todilaling Ujian Kesetaraan Paket A di Gubuk Sederhana

MC-SINJAI, Sama halnya dengan pendidikan formal tingkat SD/sederajat yang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) serentak hari ini, Kamis (03/5/18), pendidikan non formal kesetaraan paket A juga melaksanakan hal serupa.

Seperti yang terlihat di Pusat Kegiatan Belajar  Masyarakat (PKBM) Todilaling yang berada di Jalan Cumi-cumi Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara.

Pimpinan Lembaga PKBM Todilaling, Hj. Ernawati Madi saat ditemui mengatakan bahwa di gubuk yang sederhana tersebut sebanyak 10 siswa PKBM Todilaling mengikuti ujian kesetaraan paket A.

"Kami sengaja untuk melaksanakan ujian di tempat sederhana ini karena selain membutuhkan persyaratan untuk mengikut di sekolah SD juga karena siswa kami sedikit dan mencukupi ruangan yang ada," jelasnya.

Pelaksanaan ujian ditempat ini juga akan berlangsung selama 3 hari hingga hari sabtu (05/5/18) dengan mata pelajaran yang sama dengan pendidikan formal.

Ernawati menambahkan metode pembelajaraan pada PKBM berbeda dengan pendidikan formal, dimana pada pendidikan formal ada aturan yang mengikat sedangkan  pada pendidikan non formal pembelajaran berdasarkan  kesepakatan belajar.

"Jadi pembelajaran di PKBM itu fleksibel dimana saja dan kapan saja sesuai kesepakatan tutor dan warga  belajar serta tidak mesti  memakai seragam," jelasnya.

Selain PKBM Todilaling, terdapat dua PKBM lainnya yang melaksanakan ujian kesetaraan paket A secara mandiri yakni PKBM Batu Tellue dan PKBM  Pencerdasan Anak Bangsa. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates