Trending

5 Nelayan Sinjai Kembali Ditangkap di Perairan Australia

MC-SINJAI, Lima Nelayan asal Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur, diamankan oleh pihak Kepolisian Australia di Daerah Kepulauan Prismas, pada Rabu, 21 Mei 2014 lalu. 

Ke lima nelayan yang menumpangi Kapal Babus Salam 03 ini diantaranya, Musran (Nahkoda), Asrullah (ABK), Mustang, Surya, dan Illa.

Mereka diamankan oleh pihak  otoritas keamanan laut Australia, karena melintasi batas perairan kedua negara yang berada di radius 200 mil dari garis tepi pantai selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya yang di Konfirmasi, Senin (26/5/14) membenarkan adanya lima nelayan asal Kecamatan Sinjai Timur yang diamankan oleh pihak kepolisian Australia.

“Ya, Betul ada nelayan yang ditangkap padahal kami pemerintah daerah selalu menghimbau agar para nelayan tidak sekali-kali melakukan aktivitas penangkapan di luar wilayah Indonesia,” ujarnya

Meski demikian Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai tetap berupaya untuk menyikapi terkait ditangkapnya nelayan dari Kabupaten Sinjai itu.

“Saat ini kami sedang dengan mengkoordinasikan dengan HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) dan Dinas Kelautan Provinsi SulSel. Selain itu, kami selaku pemerintah Derah, juga telah mengkoordinasikan ke Dirjen PSDKP (Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) dan Kementerian Luar Negeri dan Kedubes Australia di Indonesia. Yang jelasnya kami berupaya bagaimana supaya nelayan kita secepatnya bisa dipulangkan,” ujar Sabirin Yahya

Bukan kali ini saja, peristiwa tertangkapnya nelayan Sinjai di negara Australia seringkali terjadi, dan yang paling  terakhir terjadi yakni dimana ada 16 Nelayan Sinjai pada 11 Oktober 2013 lalu tertangkap atas tuduhan penangkapan ikan illegal di wilayah Australia. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates