Trending

Potensi Kepiting Bakau di Sinjai

MC-SINJAI. Indonesia adalah salah satu penghasil kepiting bakau, salah satunya berada di Kabupaten Sinjai setelah kabupaten Bone. Kepiting bakau adalah salah satu mahluk hidup yang banyak di jumpai di sekitar pantai air payau di Kabupaten Sinjai yang banyak ditumbuhi tanaman bakau atau hutan mangrove.

Menurut penyuluh perikanan muda, Mardania,  potensi areal pertambakan di Sinjai cukup luas yakni sekitar 637 Ha, Sinjai termasuk penghasil kepiting bakau terbanyak dari hasil tangkapan dari alam bebas, akan tetapi kurang dijumpai para petambak melakukan kegiatan penggemukan kepiting.

Menurutnya kepiting bakau memiliki nilai investasi tinggi bila dikembangkan serius, sayangnya minimnya dana pemerintah membuat potensi tersebut belum dioptimalkan.

Mendekati bulan Ramadhan ini permintaan kepiting bakau bisa  melonjak, sehingga nelayan dituntut untuk mencukupi permintaan tersebut, dan berharap kedepan pemerintah daerah dapat melakukan kegiatan penggemukan kepiting melalui dana swadaya atau pendanaan oleh instansi terkait agar  potensi kepiting bakau berkembang dan menjadi sarana usaha bagi nelayan untuk meningkatkan pendapatan dalam mengexploitasi potensi laut tersebut.(L2)






About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates