Trending

Pustakawan Berperan Menumbuhkan Minat baca

H. Tayyeb A. Mappasere, SH
MC-SINJAI, Keberadaan perpustakaan di setiap sekolah dan desa mempunyai peran penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk itu, Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Sinjai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan sekolah/desa dalam lingkup Pemkab Sinjai tahun 2014, bertempat di Meeting Room Hotel Srikandi Sinjai, 13-14 Mei 2014.

Kegiatan ini, dibuka oleh Sekertaris Daerah Sinjai, H. Tayyeb A. Mappasere dan diikuti sebanyak 100  peserta yang berasal dari para pengelola perpustakaan sekolah/desa yang ada di Sinjai.

Kepala Kantor PAD Sinjai, Drs.Badjuddin dalam laporannya mengatakan, tujuan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional dalam penyelenggara pengelolaan perpustakaan.

"Harapan dari kegiatan ini yakni agar nantinya para pengelola perpustakaan memiliki pola pikir dan pengetahuan yang sama dalam mengelola perpustakaan sekolah maupun desa," katanya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Sinjai dalam sambutannya mengakui, perpustakaan merupakan salah satu fasilitas penting untuk menampung minat baca dan kehausan anak akan ilmu pengetahuan. Untuk itu kata dia, diperlukan pengelolaan yang baik, agar mendekatkan aksesnya kepada masyarakat.

"Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan bangsa adalah dengan tersedianya perpustakaan sebagai gudang ilmu, untuk itu perpustakaan dikelola secara efektif agar menumbuhkan minat baca masyarakat," jelasnya.

Ia menambahkan, agar perpustakaan berfungsi secara maksimal maka para pengelola perpustakaan diharuskan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam melahirkan ide-ide kreatif demi menumbuhkan minat dan budaya baca di kalangan pelajar serta seluruh komponen pendidikan pada umumnya.

Dalam Bimtek ini bertindak selaku narasumber yakni Sekertaris Daerah Sinjai, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Sulsel serta Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sinjai. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates