Trending

PPDB Online Hapus Siswa Titipan

MC-SINJAI, Tahun ini, beberapa sekolah SMA/SMK di kabupaten sinjai  mulai menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online agar bisa berlangsung secara transparan. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Propinsi Sulsel Wilayah Sinjai, Drs. Mappisau mengatakan bahwa  PPDB dilakukan secara transparan, efisiensi dalam rangka peningkatan pelayanan  pendidikan yang berkualitas.

“Salah satu kebijakan dari Pemprov, bahwa semua proses pendidikan yang berjalan ini harus transparan efektif, efisiensi dan akuntabel. Jadi, intinya itu kita menyosialisasikan supaya layanan pendidikan kepada masyarakat dilakukan secara transparan, kompetitif dan berkeadilan,” ujarnya.

Lanjut Mappisau, melalui PPDB online ini, tidak ada yang disembunyikan dan masyarakat bisa melihat bagaimana sebuah proses PPDB karena secara online dan bisa disaksikan bersama oleh masyarakat.

“Jadi, masyarakat bisa tahu siapa yang diterima dan siapa yang tidak karena pengumuman bisa dilihat di website resmi milik sekolah ,” katanya, saat  ditemui di Ruang kerjanya, Kamis (15/6).

Untuk bisa menerapkan PPDB online ini, kata Mappisau, sebenarnya tidak banyak yang harus dipersiapkan untuk infrastrukturnya, asalkan akses internet lancar. “Kita sudah kerjasamakan dengan pihak ketiga yakni PT Telkom selaku penyedia layanan internet,” jelasnya.

Jika memang masyarakat belum familiar atau mengetahui cara menginput, bisa langsung ke sekolah dan operator sekolah yang akan menginput sampai melakukan verifikasi dan mensubmit.

“Intinya sistem PPDB secara online  agar transparan dan tidak ada lagi istilah titipan atau letjen (lewat jendela).  Dan ini memang baru permulaan, tetapi kami berharap semua sekolah di Sinjai bisa dan mampu menerapkan PPDB online ini,” harapnya.

Di Sinjai lima sekolah yang menerapkan PPDB online yakni, SMA 1 Sinjai, SMA 2 Sinjai Utara, SMA 1 Sinjai Selatan, SMA 1 Tellulimpoe dan SMKN 1 Sinjai. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates