Trending

Penderita HIV/AIDS di Sinjai Tiap Tahun Meningkat

MC-SINJAI, Fenomena penemuan kasus HIV AIDS di Sulawesi Selatan  terus meningkat secara meyakinkan dan menyerang usia pemuda/ remaja atau usia produktif (86,4%). 
 
Penularan terutama melalui pada kelompok IDUs dengan porsi sebesar 53,6%, menggeser pola penularan yang tahun sebelumnya dari kelompok Heteroseksual sebesar 23,2%. Sehingga menjadikan Sulawesi Selatan diperkirakan akan mengalami situasi epidemi ganda AIDS dan Narkoba.

Berdasarkan data penemuan kasus provinsi Sulawesi Selatan jumlah Kasus HIV dan AIDS 2010 yang terlaporkan sebanyak 3272 kasus dengan rincian kasus HIV sebanyak 2466 kasus dan AIDS sebanyak 806 kasus. Khusus di Sinjai, Jumlah penderita HIV/AIDS pada tahun 2010 sebanyak 6 orang dengan rincian 2 kasus HIV dan 4 kasus AIDS.

Pada tahun 2011 di Kabupaten Sinjai ditemukan 1 kasus HIV dan 3 kasus AIDS, ketiga penderita AIDS tersebut telah meninggal dunia. Tahun 2012 jumlah kasus AIDS yang ditemukan sebanyak 3 kasus dan semua penderita telah meninggal. Pada tahun 2013 jumlah kasus HIV yang ditemukan sebanyak 7 kasus .

Pada tahun 2014 sampai pertengahan tahun sudah ditemukan 11 kasus HIV. Berdasarkan hal tersebut  Dinas Kesehatan bekerjasama dengan RSUD Sinjai melakukan langkah konkrit dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV AIDS, baik berupa kegiatan penyuluhan maupun kegiatan zero survei guna mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang HIV AIDS.

Kegiatan ini terdiri ada pengambilan sampel, penyuluhan dan Survei pengetahuan komprehensif dengan sasaran  PNS Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, kelompok waria dan warga binaan lembaga pemasyarakatan kabupaten Sinjai. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates