Trending

Susi Pudjiastuti : Pelaut Bugis Dikenal Hebat

MC-SINJAI, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengagumi dan mengakui kehebatan pelaut-pelaut dari Sulawesi Selatan, khususnya pelaut Bugis.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan dialog dengan ratusan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (16/12).

"Setiap saya ke daerah lain, yang selalu disebut adalah pelaut Bugis. Pelaut Bugis memang dikenal hebat sejak dahulu hingga sekarang, bahkan di beberapa daerah saya mendengar mereka mengatakan belajar melaut dari orang Bugis," ujar menteri lulusan SMP ini.

Alasan itulah yang membuat dirinya datang ke Kabupaten Sinjai. Susi meminta para nelayan Sinjai agar terus meningkatkan kualitas produksi perikanan. "Saya minta nelayan kita untuk meningkatkan produksi perikanan dan membuktikan kepada dunia akan kejayaan bahari Indonesia," tegasnya.

Menteri Susi juga berpesan agar para pelaut Bugis menjaga nama baik dengan tidak merusak lingkungan dan menjaga kelestarian laut. Salah satunya, tidak menggunakan alat tangkap yang merusak lingkungan seperti jaring trawl dan penggunaan bom ikan.

"Orang Sulsel terkenal dengan pelaut ulungnya, bukan hebat karena mengebom terumbu karang. Banyak yang bilang,orang Bugis menangkap ikan dengan menggunakan bom. Ayo kita tingalkan cara itu," pungkasnya. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates