Trending

25 Persen Hutan di Sinjai Rusak

MC-SINJAI, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Sinjai, Ir Ramlan Hamid mengakui adanya kerusakan hutan di Sinjai hingga saat ini mencapai 25 persen.

"Luas hutan di Sinjai saat ini seluas 18.894 Ha dan diperkirakan mengalami kerusakan  sekitar 5.000 Ha atau 25 persen dari luas total hutan yang ada di Sinjai.", ungkap Ramlan.

Dikatakannya, penyebab kerusakan hutan di Sinjai karena dirambah oleh masyarakat, tata batas hutan sudah tidak jelas karena patok di rusak dan di pindahkan oleh masyarakat, penebangan liar, dan sejumlah aktivitas lain yang membuat kerusakan lingkungan.

Dengan kondisi tersebut, Disbunhut Sinjai berusaha meminimalisasi terjadinya kerusakan hutan, salah satunya dengan melakukan pendataan,identifikasi pemukiman dan pemanfaatan kawasan dan pertemuan koordinasi perlindungan dan pengamanan kawasan hutan.

Ramlan menambahkan, dampak Kerusakan hutan dan lahan menyebabkan daya serap hutan dan lahan terhadap air di kala musim hujan rendah. Akibatnya, di musim hujan sering terjadi bencana banjir dan longsor. Sementara di musim kemarau air kali menyusut drastis. (AaNd)

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates