Trending

Disdikpora Gelar Seminar Gerakan Sinjai Cerdas

MC_SINJAI. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikopra) Kabupaten Sinjai, menggelar seminar Gerakan Sinjai Cerdas dengan tema " Membangun Sinjai yang Unggul Melalui Pendidikan" .Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Sinjai Bersatu, Sabtu (17/01)

Seminar ini dibuka secara langsung oleh Kepala Disdikpora Sinjai, Hj. Mas Ati, dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa seminar ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari pengawas dan kepala sekolah baik tingkat SD. SMP, dan SLTA sederajat serta para tenaga pendidik di Kabupaten Sinjai, 

Dalam kegiatan seminar ini menghadirkan pembicara, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Satria Dharma, yang juga merupakan putra asli Sinjai. Dalam kesempatan itu ketua IGI menyampaikan bahwa Saat ini pendidikan di Indonesia baru menciptakan peserta didik yang pandai, bukan cerdas. Kebanyakan baru berada pada tahap menghafal, bukan berpikir. Untuk itu, perlu ketegasan dan keberanian dalam menata ulang sistem manajemen pendidikan yang salah satunya berujud kurikulum.

Menurutnya salah satu upaya yang realistis adalah dengan menumbuhkan budaya literasi namun minat membaca dan menulis di kalangan pelajar, mahasiswa, dan kalangan akademisi belum bisa dikatakan tinggi. Terbukti masih saja terjadi kasus plagiasi, pemalsuan karya tulis ilmiah, dan budaya potong kompas (copy paste) oleh oknum dari kaum intelektual.

Selain dari kalangan tenaga pendidik seminar ini juga diikuti oleh sejumlah pelajar dari perwakilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)  SMA Neg. 1 Sinjai. (L2)






About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates