Trending

Kesbangpol Sinjai Gelar Pendidikan Politik Bagi Tokoh Wanita

MC-SINJAI, Untuk meningkatkan minat perempuan dalam kancah politik, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sinjai  mengadakan Workshop Pendidikan Politik Bagi tokoh Wanita, di Hotel Sinjai, Rabu (20/7). 

Workshop yang dibuka oleh Asisten 1 Tata Praja  Setdakab Sinjai, A. Halilintar Badong, menghadirkan wakil Ketua DPRD Sinjai, A. Kartini, Aktivis perempuan Sulsel Martina Majid, Ridwan SP dan Tanhar SH sebagai pemateri.

Panitia Pelaksana, Hj. Irawati dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  wawasan dan pengetahuan politik perempuan, baik secara organisasional, kelembagaan maupun pemantapan pilar-pilar demokrasi melalui institusi eksekutif, legislatif dan yudikatif yang inspiratif, pro gender dan berpihak pada kepentingan perempuan.

Asisten I Tata Praja  Setdakab Sinjai, A. Halilintar Badong yang mewakili Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam konteks negara yang sedang membangun budaya demokrasi, peningkatan kecerdasan politik kaum perempuan menjadi sangat penting, karena roh atau hekekat demokrasi tidak membedakan kaum laki-laki  dan perempuan. 

"Animo perempuan untuk memasuki wilayah politik memang sudah meningkat, akan tetapi prosentasenya masih rendah walau sudah dijamin oleh ketentuan undang-undang," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Untuk meningkatkan peran perempuan dalam ruang publik tersebut, maka penciptaan iklim pembangunan yang berwawasan gender  sangat urgent dan mendesak disamping itu pembangunan berwawasan gender termasuk bagian integral pembangunan nasional.

Halilintar berharap, dengan adanya workshop ini, pendidikan politik bagi tokoh wanita diharapkan dapat menjadi alat pemutus  kekuasaan yang membelenggu partisipasi dan kreativitas perempuan.

Kegiatan yang bertema Mewujudkan Pemahaman politik Yang Berwawasan Gender ini diikuti oleh 100 orang dari Mahasiswi, pelajar dan anggota partai politik dari kaum perempuan. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates