Trending

Disdik Sinjai Larang Sekolah Gelar MOS

MC-SINJAI, Tahun ajaran baru akan dimulai pekan depan, tanggal 17 Juli 2017 seluruh siswa TK, SD, SMP hingga SMA akan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM). 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menegaskan untuk tingkat SMP/sederajat tahun ajaran baru ini tidak ada lagi kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun, kegiatan tersebut diganti menjadi kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dilaksanakan oleh guru.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Kadisdik Sinjai, Drs.H. Syamsuddin Umar saat ditemui, Sabtu (15/7) menyampaikan, aturan yang mengatur tentang MOS rentan dengan kekerasan. 

“Jadi tidak ada lagi yang namanya MOS, yang ada pengenalan lingkungan sekolah selama tiga hari, ini lebih pada kegiatan yang humanisme, mengenal satu sama lain,  guru, mengenal lingkungan sekolah, mengenal sarana sekolah,” jelas H. Syamsuddin.

Kalau ada sekolah yang kedapatan melakukan MOS dengan kekerasan, pihaknya akan ada sanksi yang diberikan.

Namun berkaca tahun lalu, kegiatan MOS di Sinjai terbilang aman. “Selama ini di Sinjai tidak ada tindak kekerasan,” ungkapnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates