Trending

Memberi Ruang Kreasi Para Napi untuk Berkarya

MC-SINJAI, Selama ini, orang beranggapan kalau rumah tahanan  atau rutan, terkesan menakutkan. Sebab, rutan sebagai lokasi untuk memenjarakan orang orang yang melanggar aturan baik kriminal ataupun kasus lainnya.

Kesan garang dan seram penghuni di dalamnya selalu membekas di setiap benak orang yang akan masuk ke dalam kompleks rutan  tersebut. Namun, kesan tersebut sedikit hilang sejak Rutan Sinjai dipimpin oleh Akbar Amnur.

Kepala Rutan Sinjai, Akbar Amnur saat ditemui, Kamis (20/7) mengatakan, setiap hari puluhan narapidana melewatkan waktu siang harinya di dalam rutan dengan mengikuti  berbagai kegiatan, Mulai dari berkebun, beternak ayam, keterampilan dalam mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bernilai , hingga kegiatan perbengkelan.

“Kami memang memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan berbagai kegiatan positif  sebagai bekal mereka ketika ia sudah menjalani hukuman” paparnya.

Akbar menambahkan, berbagai keterampilan telah dihasilkankan oleh para penghuni rutan di antaranya adalah Miniatur Kapal Pinisi , miniatur rumah, asbak, bingkai foto, membuat kerajinan dari bambu, hingga bercocok tanam alias bertani.

Menurut Akbar, jika dilihat dari produk yang dihasilkan oleh para napi sebenarnya sudah memiliki nilai jual yang tinggi. Hanya saja, pihaknya kesulitan dalam memasarkan produk kerajinan tangan tersebut. “Terus terang, kesulitan kami adalah memasarkan produk hasil kerajinan  mereka,”ujarnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates