Trending

Langkah Kadisparbud Sinjai Dalam Membangkitkan Budaya dan Kesenian Tradisional

MC-SINJAI, Sejarah dan Kebudayaan yang mengakar dan menjadi cikal bakal terbentuknya Kabupaten Sinjai dengan segala tradisinya, tampaknya mulai tenggelam seiring zaman. Tetapi sejak dilantiknya Drs. Yuhadi Samad sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai, tampaknya energi untuk menggali dan melestarikan tradisi yang mulai memudar warnanya ini kembali mendapatkan perhatian serius.

Hal ini ditandai dengan terbentuknya Kegiatan Kumpul Belajar Seni (KBS) yang telah di Launching sebagai wahana silaturahmi antar para penggiat seni serta memperkuat persaudaraan dikalangan pelaku seni dan generasi muda pelajar. 

"Dengan adanya kegiatan ini para penggiat seni dapat meluangkan waktunya untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman kepada  generasi muda sehingga mereka dapat berbagi ide dalam rangka menumbuhkembangkan kembali nilai-nilai kesenian dan sejarah kita," kata Kepala Disparbud  Sinjai, Drs. Yuhadi Samad, Kamis (27/7) usai launching KBS.

Dikatakan bahwa  kecenderungan anak muda yang lebih tertarik pada seni dan budaya modern merupakan tantangan bagi Pemkab Sinjai dan para pelaku seni dalam melestarikan kembali nilai-nilai budaya tradisional.

Untuk itu Mantan Kabag pemerintahan Setdakab ini berharap dengan terbentuknya KBS dan workshop Kesenian Tradisional yang dilaksanakan oleh Disparbud Sinjai  dapat membangkitkan kembali kesenian dan budaya tradisional dengan tujuan generasi muda dapat memahami budaya kita sendiri.

"Selama ini generasi muda kita tidak memahami budaya kita sendiri sehingga cenderung tertarik pada budaya modern. Kita tentunya akan selalu melakukan pembinaan kepada generasi muda serta kita harap sekolah kembali dapat menggiatkan kembali sanggar-sanggar seni yang ada di sekolah," harapnya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates